Membuat NameTag dengan Excel - Vlookup

Tuhan akan selalu datang menolong umatnya yang kesusahan, dan ilmu akan datang pada saat dibutuhkan. seperti itulah ketrampilan yang saya peroleh selama ini, pada saat saya butuh maka inspirasi (trik) itu datang melalui perantara Mbah Google.
Jadi, suatu ketika saya pernah ditugaskan untuk membuat kartu peserta untuk UAM-BN oleh sekolah sejumlah 39 buah kartu, maka yang terpikir pertama kali adalah membuat kartu tersebut menggunakan Mail Merge di Word. tetapi setelah saya kerjakan maka hasilnya tidak sesuai dengan keinginan, karena akan ada nama yang keluar 2-3 kali (menjadi kartu ganda). -lihat tulisan sebelumnya- dan karena cara itu tidak efektif maka harus membolak-balik otak dan mencolek-colek Mbah Google, tapi tidak ada solusi yang saya temukan disana.
Akhirnya ilmu itu datang, ya dari hasil membolak-balik otak tadi akhirnya saya ingat dengan cara yang digunakan untuk membuat rapor, yaitu dengan VLookUp pada Excel dan sepertinya bisa juga gunakan caranya dengan sedikit modifikasi. dan lahirlah cara yang akan saya catat di bawah ini....
Membuat Name Tag menggunakan Fungsi VLookUp pada Microsoft Excel
Langkah pertama adalah membuat Template kartu, langlah inilah yang banyak mengeluarkan tenaga. kenapa begitu?? silahkan coba sendiri, dan rasakan. Ingat, kartu akan dicetak pada kertas apa, saya menggunakan kertas F4 (215 mm X 330 mm), karena ukuran kartu yang saya buat 8.5 cm X 5.5 cm maka dalam satu lembar kertas F4 akan dapat memuat 9 buah Kartu. hasilnya

tampilan template
tampilan template 1 lembar F4
Nantinya sel yang berisi tulisan JABATAN dan NAMA PANITIA akan kita ganti dengan Fungsi VLookUp, jika template kartu sudah jadi maka buat tabel data tentang nama dan jabatan panitia di Sheet sebelahnya (Sheet 1 -> Template Kartu, Sheet 2 -> data panitia. jika sudah tersedia lewati saja langkah ini, tapi pindahkan dalam 1 WorkBook supaya lebih mudah dan rapi. hasilnya

data panitia yang akan dimasukkan kedalam name tag
Sudah saatnya memasukkan Fungsi VLookUp..?? belum, sebelumnya beri nomor pada masing-masing template kartu sebagai patokan data yang akan dimasukkan oleh fungsi VLookUp, jadi saat nomor itu berubah maka data yang tertera pada kartu ikut berubah, paham?? lihat gambar dibawah, karena saya sendiri juga tidak paham, :D
beri nomor pada kartu
Perhatikan sel yang saya beri bulatan diatas, bulatan MERAH (sel C14) diisi manual/diketik, bulatan HIJAU (G14) diisi dengan rumus =C14+1, bulatan BIRU (K14) diisi dengan rumus =G14+1 begitu seterusnya sampai nomor 9 (ingat kartu saya tadi 9 buah). dan hasilnya, jika sel C14 dirubah, maka sel-sel yang berpatokan pada sel C14 juga akan ikut berubah dan JIKA nomornya berubah secara otomatis data yang tertera pada kartu juga berubah, NANTINYA. kenapa nantinya, ya karena fungsi VLookUp-nya belum kita masukkan, hehehe.
Saatnya memasukkan fungsi pada masing-masing sel tapi sebelumnya kita buat dulu Defined Range-nya dulu, caranya blok seluruh data yang ada pada tabel di Sheet 2 - Klik Kanan - Define Name - beri nama - ok. di kartu yang saya buat saya beri nama "PNTUN14". 

membuat difened name - range
Nah, saatnya memasukkan Fungsi yang telah kita tunggu-tunggu, klik pada sel yang telah kita persiapkan tadi 
pada kartu 1, di sel JABATAN diisi dengan fungsi "=VLOOKUP(C$14,PNTUN14,3,0)" disel NAMA PANITIA diisi dengan fungsi "=VLOOKUP(C$14,PNTUN14,2,0)".
pada kartu 2, di sel JABATAN diisi dengan fungsi "=VLOOKUP(G$14,PNTUN14,3,0)" disel NAMA PANITIA diisi dengan fungsi "=VLOOKUP(G$14,PNTUN14,2,0)".
Perhatikan, Rumus yang berwarna MERAH merujuk pada sel nomor masing-masing kartu, warna HIJAU nama Range/Defined Name yang dibuat sebelumnya, dan warna BIRU adalah nomor kolom pada tabel data di sheet 2.
rumus pada kartu kedua
Teruskan sampai kartu yang ke-9, jangan lupa sel rujukan (warna merah) disesuaikan dengan letak sel pada nomor tiap kartu.
untuk lebih kerennya lagi tambahkan Button, lalu masukkan setting pada format control-nya seperti dibawah ini
format control untuk button

Keterangan :
Cell Link - sel nomor kartu pertama (1)
Current Value - nomor yang tampil pada saat ini
Min. Value - nomor minimumnya
Max. Value - nomor maksimal yang ditampilkan
Incre. Change - lihat quote dibawah, saya bingung
karena dalam 1 lembar saya memiliki 9 kartu dan saya akan membuat 22 buah kartu, maka agar kartu berurutan pada saat dicetak nomor pada sel C14 harus dirubah dari 1-10-19, karena itu Incremental Change-nya saya isi dengan 9. paham??
Jadi setelah selesai cetak pertama (kartu no. 1-9), klik Button/masukkan nilai 11 di sel C14 (kartu no. 10-18) dan cetakan yang terakhir (kartu no. 19-22).
-DONE-


Previous
Next Post »